Langsung ke konten utama

Trauma Healing Hibur Pengungsi Korban Bencana Longsor


Pemalang, Relawan yang tergabung dalam Pemuda-Pemudi Pemalang gelar “Watukumpul Tersenyum” di lokasi Pengungsian KalI linseng, Watukumpul. Rangkaian kegiatan digelar di sana selama kurang lebih dua hari, Sabtu dan Minggu, 29-30 Maret 2014.

Kegiatan dimulai pada hari Sabtu (29/3) pukul 20.00 WIB dengan mengajak anak-anak pengungsi beserta ibu-ibunya untuk bermain bersama para relawan.  Para relawan mengajak anak-anak untuk duduk melingkar dan berkenalan. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemutaran film Larva dan beberapa film kartun lainnya. Kegiatan ditutup pukul 24.00 WIB karena keesokan harinya akan ada rangkaian kegiatan lain di sana.
Menurut salah seorang Relawan Herman Felani , kegiatan itu ditujukan untuk memberikan pendampingan dan motivasi kepada korban bencana alam, terutama anak-anak merasa terhibur dan tidak stres.
   
"Makanya, kami banyak isi kegiatan pendampingan ini dengan permainan-permainan menarik. Setidaknya, anak menjadi terhibur, tidak stres memikirkan bencana. Kami lakukan kegiatan ini selama dua hari yaitu sabtu dan minggu", tuturnya.

Pada hari kedua, Minggu (30/3) kegiatan dimulai dengan senam pagi. Selanjutnya mulai pukul 09.00 WIB aneka kegiatan lainnya seperti beberapa lomba dilaksanakan. Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk mengurangi trauma dan beban psikologi dari para pengungsi terutama anak-anak.

Adapun kegiatan yang dilombakan di sana antara lain: lomba mewarnai, memasukan pensil ke dalam botol , makan kerupuk , dorong bola , lomba merias wajah dan masih banyak lomba lomba yang lain.
  

    Sementara itu,  Arif(10), salah satu anak pengungsi mengaku sangat terhibur dengan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh relawan , apalagi banyak permainan yang bisa diikutinya dalam kegiatan itu.

"Senang sekali, banyak permainannya. Jadi tidak bosan," kata siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri  04 Cikadu itu.
Dalam interaksi dengan para relawan anak-anak korban longsor ini secara spontan mengutarakan keinginan atau cita-cita meraka. Beberapa di antara mereka ingin menjadi dokter, pemain sepakbola dan cita-cita lainnya.
Rangkaian kegiatan lomba berakhir pukul 14.00 WIB. Sebagai penutup kegiatan warga dihibur oleh pertunjukan musik dari para relawan sekaligus pemberian hadiah untuk para pemenang dan doorprize.

“Usai mengikuti Trauma Healing, anak-anak tampak tersenyum ceria dan senang, seolah-olah tidak ada kejadian apa-apa,” ujar Edy Sedhengan salah seorang relawan. (Kik)

 by : Hengky Kik 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SIP Pemalang Siap Meramaikan Indonesian Scooter Festival 2018

Pemalang, – Kota Yogyakarta kembali akan menjadi tempat hajatan bertaraf  Nasional untuk kedua Kalinya yaitu Indonesia Scooter Festival bertempat di  Jogya Expo centre ) JEC  pada tanggal 22-23  September 2018  .  Kegiatan ini akan berlangsung dari seperti tahun kemaren selama 2 hari dan  mendatang yang terfokus banyak konten yang akan disajikan baik dalam scooter kontes ,Hiburan dll. Panitia dalam hal ini yakin akan lebih banyak pengunjung dari tahun sebelumnya yang juga sudah sukses mengundang scooterist Nusantara bahkan dari Mancanegara.

Siang tadi Surat Undangan Resmi dari Panitia event tersebut sudah sampai di Sekretariat SIP Pemalang, dan ditindak lanjuti  oleh Bro Dikin salah satu Penasehat dari Scooterist Independent Pemalang (SIP)

SIP Pemalang  yang merupakan wadah dari Pecinta Vespa / Scooter di Pemalang juga  siap meramaikan event Indonesia Scooter Festival 2018 mendatang. Event yang digagas oleh scooterist Yogyakarta Dwi Yudha Danu  ini merupakan event terbesar di Yogyakarta…

Geliat Scooterist Pemalang

Pemalang , 25/01/14 Dalam rangka memeriahkan hari jadi kota pemalang yang ke 440 komunitas vespa yang tergabung dalam Forum komunikasi Scooterist Pemalang(FKSP) menggelar event yang bertajuk “Widuri Vespa Contest” yang masuk dalam rangkaian Pemalang Amazing Extravaganza.

Semangat solidaritas yang tak termakan jarak waktu untuk para scooteristi ini dalam rangka menyambut event  ini berbagai scooterist dari berbagai daerah tetangga kota sekitarpemalang meliputi Tegal,Pekalongan,batang, brebes weleri semarang bahkan ada peserta dari daerah bandung dan Jakarta yang dating khusus untuk mengikuti dan merapaikan event Widuri Vespa Contest yang baru pertama kali diadakan diKabupaten Pemalang.








Ratusan Massa
Ratusan massa mendatangi Obyek wisata pantai widuripemalang guna untuk mengikuti dan menyaksikan acara widuri vespa contest dan yang terpenting dalam filosofi kaum scooterist adalah persaudaraan dan silahturahmi antar sesama pecinta otomotif khususnya penggemar Vespa/scooter

Adapaun kelas yang …

Gubernur Jateng Naik Vespa Buka Pesta Rakyat di Pemalang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka puncak perayaan HUT Jateng ke-68 di Pantai Widuri, Pemalang yang dimeriahkan berbagai hiburan dan pameran. Pesta raykat yang dipusatkan di Pemalang dibuka Ganjar Sabtu (18/80 dan panitia menargetkan mampu menyedot 10.000 pengunjung. Ganjar dengan menggendarai Vespa super tahun 1965 warna merah, dengan memboncengkan istrinya, Siti Atikoh, diiringi konvoi komunitas 150 Vespa Pemalang dari Stadion Mochtar menuju lokasi pembukaan Pesta Rakyat di Pantai Widuri. Sepanjang jalan sejauh 5,5 kilometer, Ganjar disambut ribuan warga yang berdiri berjajar di pinggir jalan. Tak ketinggalan para pelajar turut memeriahkan dengan kibaran bendera merah putih. Sekda Jateng Sri Puryono mengatakan Pemalang dipilih sebagai pusat Pesta Rakyat Jateng karena potensi yang dimiliki cukup besar untuk dikembangkan. “Karena kawasan wisata dengan nilai budaya dan historis yang tinggi, sekaligus menjadi wilayah maritim di Jateng,” ujarnya. Dia juga mengatakan acara yang d…